Wednesday, 3 December 2014

APA YANG BISA KU LAKUKAN SAAT HUJAN?


 
Seringkali saat hujan datang, banyak dari kita yang langsung mengeluh. Apalagi kalau sudah punya rencana akan berpergian keluar rumah, entah itu sekadar berbelanja ke pasar, mengantarkan titipan barang ke rumah saudara, hang out bersama teman-teman, kencan dengan pacar, atau memang ada pekerjaan penting yang harus dilakukan dan samasekali tak bisa ditunda. "Iss, kok hujan sih?!"
Sebagian dari kita mungkin rela meski harus menembus guyuran hujan yang deras sekalipun. “Tak apa basah kuyup. Biar sajalah!” Hanya, sebagian lagi mungkin akan memilih berdiam sambil menunggu hujan reda. Tapi apa yang bisa dilakukan saat hujan? 
Melalui akun twitter-nya pada 2012 lalu, Sujiwo Tejo, seorang budayawan Indonesia pernah mengatakan begini: "Taukah kau manusia paling tak berperasaan di muka bumi? Dia yang jauh dari kekasih di saat hujan, namun tak melahirkan satu pun puisi."
Jadi, ketika hujan turun, menulislah. Biarkan jemarimu menari menguntai kata demi kata. Puisi, cerpen, curahan hati, artikel, atau apapun jenisnya, tuliskan saja. Jangan anggap bahwa itu samasekali tak berarti. Simpan dalam draft gadget atau personal computer-mu. Nanti ketika membacanya kembali, kau akan terkesan pernah menulisnya. Tak menutup kemungkinan kan, kalau orang lain juga suka dengan apa yang kau tuliskan?

Mendengarkan musik bisa jadi alternatif lainnya. Apalagi, aktivitas ini memang dipercaya bisa memperbaiki mood yang sedang tak enak. Menunggu hujan reda bisa jadi sangat membosankan. Nah, coba dengarkan alunan musik kesukaanmu.